8 Tips Membuat Dapur Kecil Terlihat Lebih Luas

Dapur yang besar pasti merupakan dapur impian semua pemilik rumah. Tapi Anda tentu akan bertemu dengan realita yang sebenarnya, yaitu Anda memiliki ruangan dapur yang kecil dengan counter dan ruang peralatan dapur yang minim. Tapi bukan berarti kreatifitas Anda berhenti sampai disitu, karena Anda tentu saja bisa melakukan eksplorasi dan eksploitasi ruangan kecil Anda sehingga semakin fungsional. Anda juga dapat membuat ilusi dapur kecil Anda agar terlihat lebih besar dengan beberapa trik dekorasi yang pas dan khusus untuk ruang dapur Anda.

  1. Ganti pintu kabinet solid dengan kaca

Kabinet dengan pintu kaca akan membuat dapur Anda terlihat terang. Selain itu, mata Anda akan bisa menjelajah ke ruan yang lebih dalam dari lemari itu sehingga ilusi dapur yang lebih besar dan lebar akan tercipta. Tapi dengan pintu lemari kaca, Anda tidak bisa membiarkan barang yang ada di dalamnya terlihat berantakan. Trik ini tidak akan berhasil jika Anda tidak memperhatikan isi dari kabinet Anda.

  1. Cat lemari dengan warna yang sama seperti dinding

Membatasi pilihan warna ke dalam satu warna saja untuk dinding dan lemari dapur kecil Anda akan menghapus batasan penglihatan Anda. Warna yang paling konvensional untuk ruangan yang kecil adalah warna-warna pucat. Warna pucat tentunya merupakan solusi yang aman karena warna tersebut akan membuat ruangan Anda semakin terang dan menghasilkan ilusi ruangan yang lebih luas. Namun, jika Anda suka warna gelap, pilihlah warna gelap seperti hitam, navy, cokelat,  atau charcoal. Tone yang dalam ini akan mempengaruhi visual Anda dengan cara membuat kesan dinding yang seperti lebih menjorok ke belakang.

  1. Pilih perabotan dapur yang mungil

Poin ini sangat wajib dilakukan untuk Anda yang memiliki ruangan kecil. Anda bisa memilih island yang mungil, kursi yang ramping, dan meja yang sempit karena tidak akan menghabisi space dapur Anda. Tapi, jangan asal memilih ukuran yang kecil, desain perabotan yang fungsional tetap harus Anda utamakan. Terlebih lagi, jangan pilih kaki perabotan dengan alas yang tebal dan lebar karena hal itu akan membuat perabotan Anda seolah-olah besar.

  1. Sembunyikan tempat penyimpanan

Selipkan atau benamkan pantry, rak, atau lemari di dalam dinding dapur Anda agar tidak menghalangi ruang jalan Anda. Untuk membuat tampilan ini memang susah susah gampang, namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan jasa desainer interior rumah khususnya interior dapur di sejasa.com untuk memaksimalkan namun mebuat kesan minimalis pada ruang penyimpanan Anda yang akan dibenamkan di dinding.

  1. Mendesain dengan garis yang bersih

Corbels yang besar, lemari penuh hiasan, dan detal lemari yang ramai bisa membuat ruang dapur Anda yang kecil terasa penuh. Maka itu, usahakan membuat simpel elemen-elemen dapur Anda agar terlihat sleek dan lambut dan menciptakan kesan ruangan yang nyaman.

  1. Jangan memberi sekat

Untuk membuat ilusi ruangan yang lebih luas, jangan memberi sekat yang berarti diantara dua ruangan. Selipkan meja atau dinding dengan tinggi yang rendah diantara dapur dan ruang makan Anda. Hal ini dapat menciptakan perluasan yang alami pada area dapur.

  1. Gunakan rak terbuka

Rak terbuka tidak akan menghasilkan pandangan yang gelap di dapur Anda, sebaliknya perabotan ini akan membuat ilusi ruang yang lebih lebar. Agar tampilan dapur lebih sleek, gunakan model rak yang mengambang atau hanya gunakan papan yang disangga daripada rak yang tertutup.

  1. Penuhi ruangan dengan cahaya

Pencahayaan dapur yang sangat baik dapat menjadi solusi yang tepat untuk membuat ilusi ruangan dapur yang lebih luas. Jika warna dominan dapur Anda adalah warna pucat atau tone gelap, cahanya lampu akan membuat ruangan dapur Anda lebih luas. Apakah dapur Anda terdapat jendela untuk cahaya masuk? Biarkan jendela itu terbuka lebar agar tidak menghalangi cahaya masuk.

Bantu Share Donk!! 🙂